Opini  

Kesulitan Menemukan Ide Menulis Artikel, Yuk Pahami 4 Tips Ini

menemukan ide tulisan

NewsPendidikan – Penulis yang baik adalah penulis yang mampu menghasilkan karya yang kreatif dan juga inovatif dalam menghasilkan karya tulisan yang bermanfaat bagi pembaca dan dirinya sendiri. Di zaman yang serba digital ini penulis tidak perlu takut mengeluarkan biaya terlalu besar dalam menuangkan ide tulisannya. Pada masa sekarang ini menuangkan ide tulisan tidak hanya dengan buku akan tetapi bisa dalam bentuk artikel di media online atau biasa disebut dengan website atau blog.

Pada sebagian orang menulis bukanlah perkara yang sulit untuk di lakukan, akan tetapi untuk memulai suatu pikiran menjadi sebuah tulisan adalah perkara yang sulit. Yang menjadi akar permasalah dari seorang penulis dalam membuat tulisan adalah bingung mencari ide apa yang harus di tuangkan ke dalam tulisan tersebut. Mencari ide untuk dijadikan sebuah artikel pasti akan lebih terasa sulit jika seorang penulis masih baru terjun kedalam dunia kepenulisan.

Untuk mengatasi ide-ide yang masih belum ada ataupun ide sudah ada dipikiran penulis, namun masih bingung untuk mengkreasikan ide itu menjadi suatu tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Maka perlu dilakukan beberapa tips agar suatu ide itu bisa terkreasikan dengan menarik menjadi suatu tulisan yang bagus dan bermanfaat. Apa sajakah tips yang dapat dilakukan untuk menemukan ide cemerlang bagi seorang penulis dalam membuat artikel?

Berikut ini 4 tips yang bisa diterapkan dalam menemukan ide tulisan:

Sering-sering membaca

Untuk menjadi seorang penulis yang handal maka hal pertama yang harus di lakukan seorang penulis adalah sering-sering membaca. Di katakan membaca karena sesuai dengan ungkapan yang kita dengar pada saat sekolah dulu bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku akan membuka pikiran seseorang untuk menemukan hal baru yang belum di ketahuinya. Pada masa saat ini untuk mengetahui informasi atau hal baru dapat dengan mudah di lakukan seperti rajin membaca artikel, berita, majalah, koran, dan juga buku. Dengan membaca penulis juga akan terasah diksi atau pemilihan kalimatnya, jika sudah terasah maka akan dengan mudah menuangkan ide kedalam tulisan.

Mengikuti dan memahami berita atau hal-hal yag sedang viral

Untuk mempermudah seorang penulis dalam mebuat tulisan maka penulis harus mengikuti, mengetahui perkembangan serta memahami berita terbaru yang sedang viral ataupun heboh baik di dalam atau di luar negeri. Dengan memahami dan mengetahui hal-hal yang hangat maka penulis dapat dengan mudah menggali suatu berita yang heboh tersebut menjadi sebuah ide yang dapat dituangkan kedalam bentuk tulisan.

Baca Juga: Bharada E Dijatuhi Hukuman 12 Tahun Penjara Atas Pembunuhan Brigadir J

Jika kamu menemukan informasi yang sedang viral dan  menurut kamu menarik cobalah untuk menulisnya dengan gaya penulisan kamu sendiri. Akan tetapi harus memahami terlebih dahulu apa yang akan ditulis, tidak melakukan pelagiat terhadap sebuah tulisan. Dan yang paling penting informasi atau berita yang sedang viral tersebut bukanlah berita bohong yang dibuat-buat penulis. Apa yang anda tulis harus sesuai dengan fakta yang ada dilapangan dan bukanlah hasil karangan sendiri yang dapat merugikan pembaca.

Menulis artikel sesuai dengan bidang

Cara berikutnya yang dapat memudahkan penulis dalam memunculkan ide yaitu dengan cara menulis suatu tulisan sesuai dengan bidangnya. Ide dapat dengan mudah muncul sesuai dengan bidang ataupun apa yang kamu sukai. Cobalah untuk menuangkan apa yang kamu sukai dan juga bidang apa yang kamu kerjakan. Misal kamu adalah seorang tenaga pendidik, maka kamu bisa mencoba menuangkan ide kedalam sebuah tulisan yang berhubungan dengan pendidikan tentunya. Ataupun kamu senang travelling ke luar kota. Maka ceritakan pengalamanmu dalam artikel yang akan kamu buat. Mulai dari sekarang cobalah untuk menemukan hal apa yang kamu sukai.

Bertukar pikiran

Tips lain yang bisa anda lakukan jika anda mengalami krisis ide tentang cara menulis artikel. Maka berdiskusi dan bertukar ide  adalah cara terbaik dan bisa dijadikan suatu pilihan untuk menggali ide bersama. Pada dasarnya dua kepala lebih baik dari satu kepala. Maksudnya bertukar pikiran dengan orang lain lebih mudah mendapatkan ide atau gagasan dari pada hanya memikirkan sendiri.

Diskusi dapat dilakukan dengan siapa saja. Kamu dapat berbicara dengan orang-orang di sekitar kamu seperti rekan kerja dan orang-orang yang ahli di bidang tertentu. Kamu juga bisa mengikuti kegiatan diskusi melalui forum online mengingat kemajuan teknologi.  Jarak tidak lagi menjadi kendala jika ingin berbicara dengan orang yang jauh.

Nah itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencari ide tulisan atau gagasan ketika kamu sedang mengalami kesulitan dalam menemukan ide. Beberapa tips ini dapat kamu coba, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *