Kampus  

PJTD LPM Teropong Paparkan Materi Staraight News

Straight News Berita Jurnalistik
Sumber Foto: Dokumentasi LPM Teropong

NewsPendidikan – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong Universitas Muhammadiyah (UMSU) mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada Sabtu, 10 Desember 2022 pukul 10.00 WIB di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Dalam pelatihan ini turut menghadirkan pemateri yang luar biasa dalam bidangnya, Dr. Anang Anas Azhar, MA. selaku Akedemisi dan juga Praktisi Jurnalistik.

Sesuai dengan bidangnya Anang membawakan materi mengenai Straight News. Dalam penjelasannya ia mengatakan bahwa straight news adalah jenis berita langsung. “Straight News adalah salah satu jenis berita jurnalistik yang sifatnya berdasarkan fakta, aktual, jelas dan merupakan kejadian yang masih baru. Straight news mempunyai 2 kategori berita yaitu Hard News dan Soft News. Hard news adalah Berita keras atau berita yang sifatnya berisi peristiwa khusus yang terjadi secara tiba-tiba dan berisi informasi penting sedangkan soft news adalah berita ringan,” jelasnya.

Baca Juga: RKUHP Terbaru Berisik Ganggu Tetangga di Malam hari Denda 10 Juta

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, “straight news merupakan berita yang didalamnya terdapat unsur 5W + 1 H. Dalam straight news tidak boleh ada pendapat atau pandangan pribadi dari penulis naskah karena straight news bersifat berita secara langsung dan merupakan hasil temuan di lapangan. Dalam membuat berita ini harus lah ada konfirmasi antara wartawan dengan narasumber mengenai berita. Penulisan berita ini tidak boleh di sisipkan unsur kebohongan dalam naskahnya,” tambahnya.

Akademisi dan Praktisi Jurnalistik ini juga memberikan beberapa tips dan cara cepat yang dapat dilakukan dalam penulisan berita straight news. “Seseorang pemula pasti akan membutuhkan waktu yang berjam-jam dalam membuat satu berita saja. Berbeda halnya dengan orang yang sudah pemula dalam hal menulis. Penulis berita dengan jam terbang tinggi hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dalam membuat berita straight news. Adapun tipsnya yaitu berita harus di liput secara langsung. Hal ini agar mudah memunculkan diksi dan paham akan kejadian dan sering-sering menulis berita agar semakin tajam diksinya,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *