Kampus  

Akuntansi UNPAM Adakan Seminar Nasional UMKM Go Digital

Pendampingan Penentuan Biaya Produksi Dengan Metode Full Costing Dalam Menghitung Harga Pokok Produksi Pada Umkm

Seminar Nasional UMKM Go Digital

NewsPendidikan – Prodi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang mengadakan acara Seminar Nasional-UMKM Go Digital Akselerasi Perubahan Transformatif Menuju UMKM Adaptif  dilaksanakan secara hybrid dengan cara offline di ruang teleconference Universitas Pamulang Gedung viktor dan diikuti peserta mahasiswa secara online zoom. (16/04/23)

Acara ini dibuka oleh MC Rodiyah mahasiswa PRODI Akuntansi UNPAM diawali dengan membaca doa oleh Bagas Wicaksono mahasiswa Prodi Akuntansi Program Sarjana. Dalam acara ini juga menampilkan tarian khas daerah Tanggerang Selatan oleh mahasiswi mahasiswi UNPAM yang tergabung dalam sanggar Akuntari. Tujuan diselenggarakan acara ini selain seminar nasional dan Pengabdian Kepada Masyarakat juga launching aplikasi CATATKAS sebagai alat penyusunan laporan keuangan sederhana bagi UMKM yang menjadi mitra dalam kegiatan PKM dosen.

Pada sambutan pertama Ketua Prodi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang yaitu Ibu Effriyanti, S.E.Akt., M.Si., CA menyampaikan laporan kegiatan seminar nasional dan PKM beserta launching aplikasi CATATKAS.

Selanjutnya diadakan Pendampingan Penentuan Biaya Produksi unutk para UMKM. UMKM merupakan bentuk usaha yang dapat memberikan banyak nilai manfaat dan keuntungan bagi masyarakat. UMKM di Indonesia sebagai penggerak utama perekonomian. Disamping itu, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Salah satu kendala tersebut adalah kurangnya pengetahuan pelaku UMKM dalam aspek keuangan, seperti penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) sebagai dasar dalam menentukan harga jual produk. Harga Jual Produksi (HPP) merupakan salah satu unsur penting untuk menunjang penjualan sebuah usaha sudah dapat menentukan HPP maka bisa dipastikan mampu meningkatkan penjualan.

Dalam proses produksi, dibutuhkan suatu metode yang dinilai efektif dan efisien untuk menentukan harga pokok produksi. Penentuan harga pokok produksi akan dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu bahan baku, sumber daya manusia, biaya overhead pabrik, dan hal lainnya yang berhubungan dengan biaya produksi.

Berikut adalah 2 jenis metode yang umumnya digunakan sebagai metode perhitungan atas suatu biaya produk :

  1. Full costing

Metode ini merupakan metode yang digunakan dengan melakukan perhitungan atas seluruh biaya yang timbul pada proses produksi, seperti biaya variabel, biaya tetap, biaya langsung, biaya investasi dan seluruh biaya yang digunakan dalam proses produksi. Seluruh biaya tersebut digunakan sebagai indikator penting untuk menghitung total keseluruhan dari biaya utama. Full costing adalah metode penentuan harga pokok produk dengan memasukkan seluruh komponen biaya produksi sebagai unsur harga pokok, yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik variabel dan biaya overhead pabrik tetap.

  1. Variabel costing

Metode ini hanya melakukan perhitungan terhadap biaya yang berhubungan langsung dengan kegiatan produksi. Perhitungan dilakukan terhadap biaya secara keseluruhan yang digunakan untuk memproduksi sebuah produk, dimana biaya tersebut akan berubah seiring dengan berubahnya volume usaha. Maksud dari perubahan tersebut adalah keberadaan biaya yang juga mengalami perubahan sebanding dengan kuantitas output serta volume produksi. Variable costingberanggapan bahwa FOH Tetap tadi tidak secara langsung membentuk produk, maka tidakrelevan kalau dimasukkan sebagai komponen harga pokok. Sebaiknya FOH Tetap dimasukkandalam kelompok period cost (biaya periode).

Baca JugaPKM UNPAM: Memotivasi Semangat Belajar di Era Digitalisasi

Metode ini cocok dikembangkan bagi usaha yang mengembangkan proses produksinya dengan pendekatan departementalisasi yang dalam proses produksinya mulai ada variasi proses dalam proses, dan terdapat beberapa variasi dominan karena produk yang dihasikan juga mulai ber variasi walaupun tidak banyak, sehingga konsumsi biaya overhead mulai signifikan dan beragam.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan bersama dengan Pemilik UMKM “Athari Cookies”. Pendampingan dilakukan untuk menentukan biaya-biaya menggunakan metode full costing yang akan digunakan untuk menghitung dan menentukan Harga Pokok Produksi. Ketidakmampuan UMKM dalam menggolongkan biaya yang dikeluarkan menyebabkan sulitnya menentukan harga pokok produksi dan lebih lanjut akan sulit untuk menentukan harga penjualan yang tepat dan lebih jauh lagi mengakibatkan tidak terdeteksinya laba atau rugi pada suatu periode. Dalam menghitung Harga Pokok Produksinya, UMKM Athari Cookies belum mengklasifikasikan jenis biaya kedalam golongan yang tepat, sehingga tim pengabdi menawarkan untuk melakukan penggolongan biaya dengan dengan menggunakan metode yang dianggap mudah dilakukan yaitu Metode Full costing, dimana metode ini tepat digunakan untuk perhitungan Harga Pokok Produksi bagi UMKM yang memiliki variasi produk yang tidak variatif dan memiliki biaya overhead yang tidak terlalu tinggi.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang luas mengenai teknik penentuan biaya dalam perhitungan harga pokok produksi yang tepat sesuai dengan jenis usaha yang dijalani, sehingga UMKM bisa menentukan harga jual yang tepat serta dapat mengidentifikasi tingkat laba yang diperoleh pada suatu periode. Selain itu, tim pengabdi menyediakan file excel yang akan memudahkan UMKM dalam menghitung Harga Pokok Produksi jika terjadi perubahan harga pada setiap item.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *