RKUHP Terbaru Berisik Ganggu Tetangga di Malam hari Denda 10 Juta

RKUHP Berisik dan Kenakalan

NewsPendidikan – Pembaruan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang terbaru mengatur di dalamnya mengenai kenakalan dan berisik pada malam hari yang di lakukan masyarakat dalam ruang lingkup publik. Seperti mencoret-coret pada dinding atau suatu ruang publik dan juga mengganggu ketenangan pada malam hari dengan menimbulkan keberisikan.

Dalam hal ini pelaku kenakalan akan mendapat denda sebanyak 10 juta dengan denda kategori II. Pidana terkait dengan kenakalan di atur dalam pasal 331. Adapun bunyi pasal yang di maksud adalah sebagai berikut.

“Setiap orang yang di tempat umum melakukan kenakalan terhadap orang atau barang yang dapat menimbulkan bahaya, kerugian, atau kesusahan, di pidana dengan pidana denda paling banyak kategori II.” Kenakalan yang dimaksud dalam pasal ini adalah mencoret-coret tembok di jalan umum yang dapat mengganggu keindahan ataupun dapat merusaknya.

Walaupun demikian pelaku kenakalan yang menyebabkan kerugian tidak masuk dalam kategori hukuman penjara sebab masuk dalam kategori pidana II. Pasal 82 ayat 1 RKUHP menjelaskan hukuman denda yang di jatuhkan pada pelaku dapat di ganti menjadi hukuman penjara jika kategori pidana di atas II.

Baca Juga: Twitter Luncurkan Pembaruan Warna Centang Verifikasi

“Jika penyitaan dan pelelangan kekayaan atau pendapatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 81 ayat (3) tidak cukup atau tidak memungkinkan untuk dilaksanakan, pidana denda yang tidak dibayar tersebut diganti dengan pidana penjara, pidana pengawasan, atau pidana kerja sosial dengan ketentuan pidana denda tersebut tidak melebihi pidana denda kategori II,” bunyi pasal 81 ayat 3 RKUHP.

Tak hanya mengatur tentang kenakalan RKUHP juga menambahkan aturan baru. Aturan ini  mengenai pidana yang akan di berikan kepada orang yang berisik di malam hari. Ataupun orang yang dengan sengaja menimbulkan kegaduhan. Ketentuan ini tercantum dalam pasal 265 dengan hukuman yang di jatuhkan sama dengan pidana kenakalan.

Bunyi pasal tersebut adalah:

setiap orang yang mengganggu ketenteraman lingkungan akan di pidana denda paling banyak kategori II. Ketenteraman yang di maksud seperti

  • Membuat kebisingan yang dapat mengganggu ketenangan tetangga pada malam hari
  • Membuat seruan atau tanda-tanda bahaya palsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *