Putin Batal Hadir G20 di Bali Mendatang

Putin Batal Hadir G20

NewsPendidikan – Vladimir Putin Presiden Rusia batal menghadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 Oktober mendatang di Nusa Dua Bali. Luhut Binsar Panjaitan selaku penyelenggara acara ini telah memastikan Presiden Rusia Putin batal hadir G20 karena adanya suatu urusan internal yang tidak bisa ditinggalkan.

Hal ini berdasarkan keterangan  Luhut Binsar Panjaitan saat melakukan kunjungan ke Mapolda Bali Kamis siang. Menurut Luhut Presiden Putin Batal Hadir G20.  “Presiden Joko Widodo selaku Presidensi KTT G20 sudah bertelpon dan berkomunikasi dengan Presiden Putin. Tentu beliau ingin mengakomodasi semua anggota negara yang terlibat dan juga beliau telah berkomunikasi dengan negara anggota G20. Presiden putin dapat kita pastikan tidak dapat menghadiri KTT G20 dan hanya mengirim petingginya. Mungkin ada kesibukan dalam negeri yang kita juga harus hormati” Jelasnya

Baca Juga: Siswi SDS Wira Mandiri Raih Juara Pildacil

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov dipastikan akan mewakili Putin memimpin delegasi Rusia ke G20. Hal ini telah dipastikan oleh Kepala Protokol Kedubes Rusia Yulia Tomskaya. “Saya dapat memastikan Menlu Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia di G20 Nusa Dua Bali mendatang. Program untuk Presiden Putin masih berproses, ia kemungkinan hadir secara virtual,” tuturnya.

Sebelumnya Sergei Lavrov telah menghadiri Pertemuan antar Menteri Luar Negeri KTT G20. Berdasarkan wawancara dengan Financial Times yang dilansir Reuters pada Selasa (8/11). Jokowi mengatakan Rusia tetap akan disambut dalam KTT yang sejauh ini didominasi ketegangan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Jokowi juga merasakan kekhawatiran sebagai tuan rumah G20 tahun ini jika KTT forum itu akan berlangsung dibawah bayang-bayang ketegangan internasional yang sangat mengkhawatirkan. “G20 bukan untuk forum politik. Ini untuk forum ekonomi dan pembangunan,” tegas Jokowi.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *