Opini  

Catat ! Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Puasa Penderita Asam Lambung

Saat ini bulan Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Dimana pada bulan Ramadhan umat muslim diwajibkan berpuasa. Puasa pada bulan Ramadhan bagi penderita asam lambung, tentu saja memiliki tantangan dan kecemasan tersendiri bagi penderitanya. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan pola makan pada bulan Ramadhan tidak sama dengan hari biasa. Pada bulan ini seseorang diwajibkan untuk tidak makan dalam waktu yang lama, yang mengakibatkan perut kosong. Kondisi tersebut bisa memicu kenaikan asam lambung dan memunculkan gejala-gejala yang tidak mengenakkan bagi penderita asam lambung saat melakukan ibadah puasa.

Asam lambung dalam istilah medis disebut dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit ini ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan yang mengakibatkan sensasi terbakar di dada dan juga nyeri pada ulu hati. Naiknya asam lambung bisa dipicu oleh gaya hidup yang buruk dan pola makan yang tidak teratur.

Baca Juga: Museum Deli Serdang Menjadi Daya Tarik Pengunjung

Nah, di bulan puasa ini penderita asam lambung harus menahan lapar dan tidak makan pada pagi sampai maghrib. Kondisi ini tentu mengubah pola makan, yang tadinya bisa makan 3 x sehari menjadi 2 x dalam sehari.

Pada dasarnya orang yang penderita asam lambung  boleh menunaikan ibadah puasa seperti biasanya, hanya saja harus dalam kondisi yang baik ataupun dalam keadaan stabil. Kondisi yang di katakan baik dan stabil seperti BAB dalam keadaan normal, ulu hati dan perut tidak perih secara terus menerus, dan tidak merasa mual atau muntah secara terus menerus.

Berikut beberapa tips berpuasa bagi penderita asam lambung:

1. Wajib makan sahur

Penderita asam lambung saat puasa di wajibkan untuk makan sahur dikarenakan makan sahur sebagai pengganti makan di siang hari dan makan sahur menjadi sumber energi selama berpuasa. Jika penderita melewatkan makan sahur maka akan memperparah asam lambung di siang hari karena perut kosong selama seharian. Tak hanya sebagai sumber energi selama  puasa, makanan yang di makan ketika sahur dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

2. Hindari makan yang tergesa-gesa

Makan dengan terburu-buru akan memperberat kerja lambung . Hendaklah makan dengan santai dan perlahan-lahan, nikmatilah makanan yang anda makan, kunyahlah makanan dengan baik jangan sampai mengikuti nafsu setan makan dengan lahap tanpa di kunyah. Makanan yang tidak di kunyah dengan baik bisa mengakibatkan asam lambung meningkat.

3. Makan dengan secukupnya

Orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya makan dalam porsi yang tidak terlalu banyak atupun berlebihan. Perut memerlukan waktu untuk mencerna makanan, jika makanan yang di makan terlalu banyak maka makanan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk di cerna. Hal ini dapat merangsang naiknya asam lambung.

4. Hindari makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung

Makanan yang bisa memicu asam lambung seperti makanan pedas, makanan berpengawet, makanan yang mengandung lemak tinggi. Hindari juga minuman bersoda, kopi dan teh. Kesemua makanan ini harus di hindari penderita lambung baik saat sahur ataupun berbuka puasa.

5. Setelah sahur jangan langsung tidur

Memang ketika sahur kita merasakan kantuk yang amat berat. Biasanya rasa kantuk akan datang kembali ketika selesai makan sahur. Langsung tidur setelah sahur merupakan kebiasaan yang tidak baik. Ada baiknya kamu menunggu selama 3 jam sebelum kembali tidur. Selama 3 jam ini kamu bisa melakukan shalat subuh, mendengar ceramah, membaca Al-Quran ataupun kegiatan baik lainnya.  Tidur setelah makan hanya akan membuat asam lambung memburuk dan juga perut merasa tidak nyaman

6. Hendaklah makan obat pada saat sahur dan berbuka

Untuk mencegah asam lambung naik bisa di lakukan dengan cara memakan obat secara teratur setiap kali sebelum makan sahur ataupun berbuka dan hendaklah mengikuti dan mematuhi apa yang telah di katakan dokter pemeriksa anda

Nah itulah beberapa tips yang bisa di terapkan bagi penderita asam lambung saat hendak menunaikan ibadah puasa, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *