Opini  

Jangan Anggap Remeh, Pola Hidup Tidak Sehat Pemicu Datangnya Penyakit

pola hidup tidak sehat

Penulis: M. Abrar Putra Kaya Harahap

(PGMI 1/0306212087-UINSU)

NewsPendidikan-Kesehatan adalah hal yang penting untuk dijaga sebelum penyakit datang menghampiri. Menjaga kesehatan itu sangat penting karena jika sudah sakit maka akan tidak enak rasanya. Pola hidup yang tidak sehat salah satu pemicu penyakit mudah datang. Pola makan yang buruk dapat berdampak besar pada kesehatan kita.

Pada generasi sekarang ini, anak-anak muda mulai meninggalkan pola hidup sehat yang pada hakikatnya sangat penting. Faktor-faktor seperti kemajuan teknologi, gaya hidup yang sibuk, dan pengaruh dari lingkungan sekitar dapat berkontribusi pada kecenderungan ini. Anak-anak seringkali lebih tertarik pada aktivitas yang melibatkan penggunaan teknologi, seperti bermain video game atau menggunakan perangkat elektronik, daripada berpartisipasi dalam kegiatan fisik.

Pola makan juga cenderung terpengaruh oleh makanan cepat saji dan camilan tidak sehat yang mudah diakses. Pendidikan tentang pentingnya gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur dan pola makan yang seimbang, perlu ditingkatkan agar anak-anak dapat memahami dan menerapkan kebiasaan hidup yang mendukung kesehatan fisik dan mental mereka. Lalu apa saja dampak dari pola makan yang tidak sehat? Simak selengkapnya dibawah ini!

1. Obesitas

Konsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang berlebihan, atau obesitas. Hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

2. Penyakit Jantung

Konsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan lemak dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Penyakit jantung ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan komplikasi serius pada organ tubuh lainnya.

3. Diabetes

Konsumsi makanan yang tinggi gula dapat menyebabkan terjadinya diabetes. Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan oleh produksi insulin yang kurang oleh tubuh atau karena sel tubuh tidak merespon insulin yang diproduksi dengan baik.

4. Kanker

Konsumsi makanan yang tinggi bahan pengawet dan zat kimia lainnya dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Zat kimia tersebut dapat memicu terjadinya mutasi sel yang dapat merubah fungsi sel sehingga tumbuh menjadi sel kanker.

5. Penyakit Ginjal

Pola makan yang buruk dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal, terutama pada orang yang memiliki riwayat keluarga penyakit tersebut. Hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan yang tinggi garam dan protein, sehingga menyebabkan kerja ginjal yang berlebihan.

6. Maag

Maag adalah suatu kondisi di mana terjadi peradangan pada dinding lambung dan usus. Hal ini disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan akibat pola makan yang tidak teratur. Gejala yang terjadi adalah sakit perut, mual, dan muntah.

Baca Juga: Menjadi Seorang Jurnalis Harus Mempunyai Sikap Skeptis!

Tips Pola Hidup  Sehat 

Untuk menghindari berbagai penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, perlu dilakukan sejumlah tindakan preventif yang melibatkan peningkatan kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak seharusnya didorong untuk aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga atau aktivitas fisik yang sesuai dengan minat mereka, sehingga terbentuk kebiasaan hidup sehat sejak usia dini.

Selain itu, pendidikan gizi yang efektif juga menjadi kunci dalam membentuk pola makan yang seimbang, dengan menyampaikan informasi yang tepat mengenai manfaat dan dampak makanan terhadap kesehatan, sehingga anak-anak dapat membuat pilihan makanan yang lebih cerdas. Nah untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kita terapkan.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan yang sehat dan bergizi adalah makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Olahraga Rutin

Olahraga rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat sistem pertahanan tubuh kita. Olahraga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh sehingga lebih cepat membakar lemak.

  • Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol dapat merusak kesehatan tubuh kita. Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kanker, emfisema, dan penyakit paru-paru. Sedangkan minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh.

  • Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

  • Hidup Tanpa Stres

Stres dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh kita. Oleh karena itu, hindari stres sebisa mungkin dengan cara menjaga pikiran tetap positif, melakukan kegiatan yang menyenangkan, dan beristirahat dengan cukup.

Sekarang kita sudah mengetahui berbagai akibat dari pola makan yang buruk, hipertensi, dan hipotensi. Kita juga telah belajar bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan tubuh kita dengan pola hidup yang sehat, agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat merusak kesehatan tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *