Kampus  

Prodi Akuntansi Universitas Pamulang Langsungkan Kegiatan PKM

Tema: Menumbuhkan Kesadaran Anak Untuk Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini

PKM Universitas Pamulang

NewsPendidikan –  Mahasiswa dan Dosen Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Universitas Pamulang langsungkan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Yayasan Al Barkah Parung Panjang Bogor pada Sabtu (8/4) dengan mengangkat tema “Menumbukan Kesadaran Anak Untuk Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini.”

PKM merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan oleh seluruh Mahasiswa Universitas Pamulang. PKM pun menjadi program yang wajib untuk dilaksanakan yang tujuannya selain untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan dalam proses pembelajaran dikampus tetapi Mahasiswa juga dapat terkontribusi bagi seluruh elemen masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dosen Ibu Habibah S.E.,M.M. sekaligus sebagai Dosen Pembimbing PKM dan sebagai pembawa materi PKM yaitu beranggotakan 4 mahasiswi Elsha Alfianita Sebagai Ketua dalam kegiatan PKM dan ketiga anggotanya yaitu Latifatul Aini,Ayu Halidah, dan Gessa fadila nuruzakki.

Pada kegiatan PKM ini Kami menjelaskan kepada anak-anak untuk pentingnya menabung, pada dasarnya menabung adalah menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan dimasa depan, baik yang terduga maupun tidak terduga ataupun kita bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, sehingga kita tidak mudah menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Selain hidup hemat, secara tidak langsung kita pun dilatih untuk tidak berperilaku konsumtif.

PKM Universitas Pamulang
Kegiatan PKM Universitas Pamulang

Kita juga menjelaskan manfaat menabung, beberapa alasan pentingnya menabung dan juga tujuan menabung sejak dini. Manfaatnya menabung sejak dini juga dapat melatih kemampuan anak untuk bertanggung jawab dan menjadi pribadi yang mandiri. Hal ini sejalan dengan manfaat pertama, yaitu belajar menghargai uang. Dan beberapa alasan pentingnya menabung yaitu:

  1. Anak-Anak belajar cara mengatur keuangan dengan baik.
  2. Mengajarkan anak menabung sedari dini juga dapat membentuk sikap disiplin pada anak. Kita bisa mengingatkan anak untuk selalu menyisihkan uang sisa jajannya agar ditabungkan.
  3. Melatih anak untuk hidup hemat.
  4. Mengajarkan anak menabung supaya mereka bisa belajar lebih menghargai uang.

Ada juga tujuan menabung sejak dini untuk mengajarkan kepada anak mengenai konsep mengelola uang dengan baik, menumbuhkan rasa sadar bahwa memperoleh uang bukanlah sesuatu yang mudah, dan mengenalkan manfaat menabung sejak dini.

Baca Juga: Pelantikan SANS Sumatera Utara Periode 2023-2026

Setelah materi dijelaskan secara rinci, kami mengajak anak-anak untuk  menabung didalam celengan. Nantinya anak-anak diminta untuk praktek langsung cara menabung sendiri uang di celengan. hal ini kami lakukan Agar anak-anak lebih memahami dan tertarik lagi untuk menabung. tidak hanya itu kami juga mengajak mereka untuk bermain game agar lebih menambah semangat mereka dan juga acara lebih menarik lagi. Bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan akan diberikan hadiah.

PKM Universitas Pamulang
Pemberian Hadiah Pemenang Game
PKM Universitas Pamulang
Praktek Menabung di Celengan

Demikian Pelaksanaan Kegiatan PKM yang alhamdulillah berjalan dengan lancar, Dan Terima kasih Untuk Seluruh Pihak terkait Yang telah membantu dan memberikan dukungan sehingga kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan yang di harapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *