Opini  

Covid Part II: Waspada, Mycoplasma Pneumonia Mulai Menyerang Kota Medan!

Mycoplasma Pneumonia

Penulis: Fitriani, PGMI-1, Semester V, UINSU

NewsPendidikan-Tidak lama ini masyarakat Kota Medan dibuat was-was terhadap penyakit baru yaitu Mycoplasma Pneumonia pasalnya penyakit ini ciri-cirinya sama dengan Corona Virus Disease (COVID). Hal ini sesuai dengan surat edaran Pemerintah Kota Medan, pencegahan dan pengendalian penyakit (Ditjen P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan Nomor: 000/8557 tanggal 08 Desember 2023 tentang Kewaspadaan Penyakit Mycoplasma Pneumonia di Kota Medan.

Dari surat tersebut, disebutkan bahwa Mycoplasma Pneumonia merupakan penyakit penyebab umum infeksi respiratori sebelum masa Covid-19. Mycoplasma  salah satu penyebab Pneumonia di masyarakat yang paling banyak dampaknya pada anak-anak, selain itu adanya trend kenaikan kasus Covid-19 di Kota Medan. Berkenaan dengan hal diatas perlu dilakukan kewaspadaan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya penyakit Mycoplasma Pneumonia dan meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Medan.

Diketahui Mycoplasma Pneumonia menyebar melalui kontak dengan tetesan dari hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi terutama saat mereka batuk dan bersin. Penularannya diperkirakan memerlukan kontak dekat yang berkepanjangan dengan orang yang terinfeksi. Penyebaran di keluarga, sekolah dan institusi terjadi secara perlahan. Masa penularannya mungkin kurang dari 10 hari dan kadang-kadang lebih lama.

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Hati-Hati, Ini Bahaya Paparan Asap Rokok!

Mycoplasma Pneumonia memiliki gejala khasnya seperti demam, batuk, bronkitis, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan kelelahan. Akibat umum dari infeksi mikoplasma adalah pneumonia (kadang-kadang disebut “pneumonia berjalan” karena biasanya ringan dan jarang memerlukan rawat inap). Infeksi telinga tengah (otitis media) juga bisa terjadi. Gejala dapat bertahan selama beberapa hari hingga lebih dari sebulan.

Sebagai upaya agar terhindar dari infeksi Mycoplasma Pneumonia seperti halnya penyakit pernafasan lainnya, semua orang harus menjaga kebersihan tangan dan menutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin, mengenakan masker, dan menjaga jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *