Indonesia Resmi Luncurkan Maskot Piala Dunia Bacuya, Apa Si Makna Dibaliknya

Maskot Piala Dunia Bacuya

NewsPendidikan – Piala Dunia U-20 2023 sudah mendekati waktu pelaksanaanya.  Negara kita Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia yang akan dilaksanakan pada 20 Mei -11Juni 2023 dengan diikuti oleh 24 negara. Beberapa persiapan-persiapan telah banyak dilakukan Indonesia sebagai salah satu bentuk keseriusan Indonesia kepada dunia terkhusus untuk FIFA. Tepat pada Minggu (18/9/2022) Indonesia selaku tuan rumah mengumumkan peluncuran  maskot resmi piala dunia di Car Free Day Jakarta dengan dihadiri Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza.

Maskot ini diberi nama Bacuya, seekor badak Jawa yang merupakan salah satu hewan khas Indonesia. Bacuya sendiri adalah badak bercula satu, Bacuya merupakan akronim dari Badak Cula Bercahaya. Maskot ini masih sangat bernuansa Indonesia dengan munggunakan baju jersey Timnas Indonesia merah putih.

Bacuya dipilih sebagai maskot Piala Dunia bukan tanpa alasan, akan tetapi pemilihan Bacuya dikarenakan badak bercula satu hanya ada ditemukan di Indonesia, sekaligus memperkenalkan secara langsung kepada dunia bahwa hewan ini hanya dapat ditemukan di Indonesia serta menjadikan negara lain penasaran dan ingin tau lebih jauh mengenai hewan ini.

Bacuya memiliki sifat yang  sangat pemalu dan pendiam. Terlepas dari ia memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga memaksanya untuk terus berlari dengan tabah ke lapangan seakan ada sesuatu yang ingin dicari dan ditemukannya.

Bacuya menunjukkan energi dan antusiasme pemain dan penggemar sepak bola di Indonesia. Energi karakter dari badak ini diharapkan mampu membawa keceriaan dan keseruan kepada para pemuda dan penggemar sepak bola di seluruh Indonesia dan dunia. Diharapkan juga masyarakat Indonesia datang ke stadion untuk mendukung dan memberikan semangat kepada para pemuda indonesia dalam berkompetisi

Hal yang membuat Bacuya menarik adalah cahaya warna-warni yang berada ditanduknya, tanduk ini dapat menyala-nyala dengan warna yang baru serta bersinar dengan terang setiap kali dia bermain  sepak bola dengan seseorang.

Bacuya adalah pembela. Dia memperjuangkan hak anak muda untuk bersenang-senang dan berekspresi. Dia adalah penjaga talenta muda dan mercusuar untuk masa depan sepakbola. Bacuya siap bangkit bersama generasi baru.

Sebelumnya FIFA juga telah merilis logo resmi Piala Dunia U-20 2023 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus lalu. Logo ini  terinspirasi oleh warna bendera Indonesia, laut biru kehijauan, dan arus yang mengalir melalui kepulauannya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *