Opini  

Mari Terapkan Pola Makanan Sehat Agar Terhindar Gerd

Penulis: Adil Rosyadi Hasibuan

0306213096/PGMI 1-UINSU

Tau gak sih di zaman sekaranga banyak orang terkena penyakit gerd, penyakit ini tidak pandang umur loh bahkan anak muda pun bisa terkena penyakit ini jika tidak menjaga makanan dan gaya hidup sehat. Menerapkan pola makan sehat adalah hal yang penting dilakukan pengidap Gerd. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko GERD kambuh yang bisa memicu berbagai gejala. Kalau sudah begitu, rasa tidak nyaman bisa muncul dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana pola makan sehat untuk pengidap GERD?

pengidap GERD disebabkan oleh melemahnya katup yang terletak di kerongkongan bagian bawah. Dalam kondisi normal, katup ini terbuka saat makanan dan minuman masuk menuju lambung untuk dicerna. Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup akan kembali tertutup kencang sehingga isi lambung tidak kembali naik ke kerongkongan.

Pada pengidap GERD, proses ini tidak terjadi dengan sempurna. Katup yang melemah tidak bisa menutup dengan rapat. Hal itu akhirnya menyebabkan isi lambung, termasuk makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan. Semakin lama, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi dan berujung pada peradangan.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mencegah penyakit ini kambuh, salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat. Bagaimana caranya?

1. Hindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik

seperti makanan pedas, berlemak, makanan asam, minuman berkarbonasi serta mengandung alkohol.

2. Makan dengan porsi sedikit

tapi sering. Pengidap GERD bisa coba menerapkan pola makan lima kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit dibanding porsi normal.

3. Kunyah makanan secara perlahan

Hal ini bisa membantu proses pencernaan dan meringankan kerja lambung.

4. Perhatikan postur tubuh pada saat makan dan setelah makan

Biasakan untuk duduk dengan posisi yang baik setelah makan dan hindari langsung berbaring.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Pola Hidup Tidak Sehat Pemicu Datangnya Penyakit

5. Jangan makan sebelum tidur atau mendekati waktu tidur malam hari

Organ tubuh membutuhkan waktu dalam mencerna makanan. Biasakan untuk makan malam setidaknya tiga hingga empat jam sebelum tidur.

6. Sayuran

Seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

7. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit maag, maupun masalah pencernaan lainnya.

8. Pisang

Beberapa buah non-sitrus seperti pisang merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung, karena menjadi buah penurun asam lambung

9. Putih Telur

Selain sehat, putih telur merupakan pilihan makanan yang bagus untuk penderita asam lambung. Namun tidak untuk kuning telur, hal ini dikarenakan kuning telur mengandung lemak cukup tinggi dan dapat memicu gejala refluks asam lambung.

Nah teman teman sekarang kita sudah mengetahui bahaya dari penyakit gerd tersebut jadi mulai lah melakukan perubahan dari penerapan makanan sehat hingga pola hidup sehat agar tidak tekena berbagai penyakit salah satu nya gerd, karna gerd ini tidak mengenal umur anak muda sekarang aja banyak terkena penyakit gerd akibat tidak menjaga pola makanan sehat. Semoga informasi ini dapat kita terapkan dan bermanfaat bagi kita semua.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *