Opini  

Dibalik Bahayanya, Mie Instan Ternyata Juga Memiliki Manfaat Loh!

Manfaat Mie Instan

NewsPendidikan – Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan mie instan. Apakah kamu penggemar mie instan? Kalau ditanya seperti itu, pasti jawabannya ada dua, antara “ya” dan “tidak”. Setiap orang tentu memiliki penilaian dan persepsi yang berbeda. Selain itu, ada fakta dan opini yang beredar di masyarakat yang memicu suka dan tidak sukanya dengan mie instan.

Orang yang menyukai mie instan pasti memiliki berbagai alasan, yakni mudah untuk didapatkan, mudah dibuat, harganya relatif terjangkau dan rasanya yang bikin nagih. Sedangkan orang yang mengatakan bahwa mereka “tidak penggemar mie instan” mungkin memiliki alasan. Namun, pernahkah Anda mendengar bahwa mie instan memiliki manfaat? Kali ini kami akan membagikan fakta dan opini bahwa mie instan juga memiliki manfaat, di antaranya:

  1. Sumber energi tubuh

Nah, mie instan banyak mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Hal ini memungkinkan mie instan memberikan energi bagi tubuh. Energi ini dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tetapi Anda juga perlu menambahkan nutrisi lain untuk melengkapinya.

  1. Membantu menjaga berat badan ideal

Jumlah kalori dalam mie instan lebih sedikit dibandingkan dengan nasi yang berukuran sedang. Makan sebungkus mie instan benar-benar akan membuat Anda menjadi lebih kenyang. Jadi, Anda selalu bisa mengganti makan nasi dengan mie instan.

  1. Mengandung mikronutrien penting

Mikronutrien merupakan zat gizi yang dibutuhkan untuk tubuh dalam jumlah yang sedikit. Tetapi memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi. Di dalam mie instan terdapat beberapa mikronutrien di antaranya zat besi dan sodium yang berperan untuk darah dalam tubuh kita. Kedua nutrisi ini dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam meningkatkan tekanannya. Jumlah mikronutrien dalam kemasan mie instan juga sangat akurat. Anda justru mendapatkan nutrisi tambahan jika mengonsumsinya terlalu banyak.

  1. Mudah disajikan

Sudah tidak asing lagi, bahwa mie instan sangat mudah disajikan dalam hitungan menit. Karena mudahnya disajikan membuat orang-orang menyukainya. Mie instan juga bisa kamu olah dengan kreasi sendiri, seperti membuat martabak mie telur, bakwan mie dan lain sebagainya.

Baca JugaTK Swasta Al-Abrar Laksanakan Study Tour ke Pabrik Pizza Hut & Gallery Rahmat

Walaupun mie instan memiliki beberapa manfaat seperti poin-poin diatas, mengkonsumsi mie instan dalam jumlah yang banyak dan jarak konsumsi berdekatan akan mengakibatkan berbagai penyakit yang tidak diinginkan datang menghampiri tubuh. Berikut ini dipaparkan beberapa bahaya mengkonsumsi mie instan secara berlebihan:

  • Menyebabkan kanker

Mengkonsumsi mie instan secara berlebihan serta dilakukan secara terus menerus setiap harinya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Agar mie instan dapat bertahan lama sebelum dikonsumsi, mie instan terdapat berbagai pengawet yang mengandung bahan kimia yang jika dikonsumsi secara berlebih akan menyebabkan kanker. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya memiliki sifat karsinogenik yang dapat memicu sel-sel kanker. Akan tetapi belum ada penelitan yang mengatakan secara jelas bahwa mie instan sebagai pemicu kanker.

  • Mengganggu sistem pencernaan

Pada dasarnya mie instan adalah makanan yang sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan manusia. Mengonsumsi mie instan secara berlebih tentu saja akan mempengaruhi proses kerja sistem pencernaan manusia. Sistem pencernaan akan bekerja lebih keras dari biasanya untuk mencerna mie instan yang dimakan. Mengkonsumsi secara berlebih juga dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Mie instan mengandung serat dan nutrisi yang rendah sehingga dapat meningkatkan resiko sembelit.

  • Memicu tekanan darah tinggi

Bahaya lain dari mengkonsumsi mie instan yaitu dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Dalam mie instan mengandung garam atau natrium yang terdapat dalam bumbu mie instan. Kandungan garam dan natrium ini tergolong tinggi, rata-rata kandungan natrium dalam sebungkus mie instan sekitar 1000 – 1.500 mg natrium. Dalam setiap kemasan mie instan berbeda-beda jumlah natriumnya,jika dalam satu hari mengkonsumsi secara berlebih mie instan dan natrium melebihi jumlah yang disarankan kemenkes 2000-2400 mg. Maka hal ini dapat berpotensi tekanan darah tinggi dan menimbulkan penyakit kardiovaskular.

  • Berpotensi terkena diabetes

Kandungan karbohidrat yang ada dalam satu bungkus mie instan tergolong tinggi, hal ini akan mengakibatkan seseorang dapat terkena diabetes. Perpaduan antara kalori dan karbohidrat yang tinggi pada mie instan dapat menyebabkan penumpukan lemak dibagian perut yang bisa memicu sindrom metabolik.

Orang yang terkena sindrom metabolik tidak dapat menghasilkan insulin yang penting untuk mengubah glukosa menjadi energi. Kekurangan energi mampu menyebabkan seseorang terkena diabetes.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi mie instan, akan tetapi dibalik manfaat tersebut mie instan juga memiliki beberapa bahaya jika dikonsumsi secara berlebih dan terlalu sering. Maka dari itu sebagai konsumen haruslah bijak dalam memilih dan mengatur pola makan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *