Kejadian Tragis di Stadion Kanjuruhan Tewaskan 127 Orang

kejadian tragis di stadion kanjuruhan

NewsPendidikan– Kejadian tragis menimpa dunia Sepak Bola Indonesia di Stadion Kanjuruhan Malang pada pekan ke-11 Liga 1 Indonesia, Sabtu (1/10). Kejadian ini mengakibatkan 127 orang tewas, diantara korban tewas terdapat didalamnya suporter Arema FC dan anggota polisi.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengatakan “Dari 127 orang yang tewas, 34 orang meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan sebelum dilakukan pengevakuasian ke rumah sakit. 94 orang lainnya meninggal dunia saat menjalani perawatan di rumah sakit,” jelasnya.  Korban yang meninggal di rumah sakit nyawanya tidak tertolong karena kondisinya memburuk akibat kerusuhan yang terjadi.

Diduga kericuhan yang terjadi dalam pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya dikarenakan kemenangan berhasil diraih Persebaya dengan skor 2-3. Kekalahan Arema FC dalam pertandingan membuat para pendukung tidak terima atas kekalahan, banyak para supporter langsung menyerbu lapangan dan merusak fasilitas lapangan. Berkat kericuhan yang terjadi pihak kepolisian langsung mengambil tindakan dengan melepaskan gas air mata ke arah tribun. Alhasil tembakan gas air mata membuat para supporter panik, berlari-larian dan banyak supporter yang pingsan juga terinjak-injak saat berusaha meninggalkan tribun.

Korban berjatuhan yang membutuhkan bantuan medis tidak sebanding dengan jumlah tenaga medis yang disediakan Stadion Kanjuruhan. kejadian tragis di stadion kanjuruhan ini menimbulkan berbagai Kericuhan yang mengakibatkan  banyak korban jiwa akibat dari kesalahan beberapa pihak yang tidak terima atas kekalahan.

Penulis: M. Abrar PKH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *