Kok Bisa? Kecanggihan AI Tirukan Suara Jungkook BTS Hingga Presiden Jokowi

Kecanggihan AI
Cover Jungkook Janji Setia Tiara Andini

NewsPendidikan-Diera sekarang ini kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) sudah semakin berkembang secara cepat. Teknologi AI digadang-gadang mampu mempermudah berbagai  kebutuhan dan pekerjaan seseorang diera digital ini. kecanggihan demi kecanggihan mulai terasa serta mulai memudahkan aktifitas manusia.

Baru-baru ini jagat media sosial dihebohkan oleh AI yang mampu menirukan suara Presiden Jokowi, Jungkook BTS, Ariana Grande, Jennie Blackpink dan masih banyak lagi. Tiruan suara tersebut dibuat kedalam bentuk lagu, seolah-olah lagu tersebut dinyanyikan oleh yang bersangkutan. Padahal nyatanya tidak AI mengambil sampel suara tokoh asli dan mengubah teks menjadi sebuah lagu dengan sampel suara tokoh tersebut.

Teknologi AI mampu menghasilkan suara mirip dengan suara aslinya. Maka tidak heran ketika melihat media sosial, Presiden Jokowi banyak menyanyikan lagu-lagu pop Indonesia yang pada dasarnya itu bukanlah suara asli Jokowi melainkan teknologi AI. Tidak hanya itu penyanyi luar negeri seperti Jungkook BTS, Jennie Blackpink, Ariana Grande mampu menyanyikan lagu-lagu Indonesia secara fasih dan lancar. Suara yang dihasilkan bukanlah suara asli mereka melainkan AI mengambil sampel suara asli. Jika didengar sepintas suara yang dihasilkan benar-benar memiliki kemiripan yang sangat-sangat mirip seperti suara Penyanyi tersebut.

Apa Itu Teknologi AI?

Secara garis besar AI adalah suatu teknologi kecerdasan buatan yang memiliki kecanggihan serta mampu memudahkan urusan manusia. AI atau kecerdasan buatan adalah sesuatu yang diciptakan oleh manusia secara ilmiah. Kecerdasan yang dibuat oleh manusia dimasukkan kedalam sebuah mesih yang mengakibatkan mesin tersebut mampu untuk berfikir sendiri untuk mengambil suatu keputusan berdasarkan pemrograman yang telah dibuat dan dirancang manusia sedemikian rupa.

Bagaimana Cara Kerja AI?

AI bekerja dengan cara mengolah beberapa data yang telah diprogram serta menggabungkan data tersebut secara cepat yang dilakukan pengolahan secara berulang dan dengan algoritma yang cerdas. AI memungkinkan untuk menghasilkan data baru dan memberikan informasi baru, AI mampu belajar secara otomatis untuk mengolah semua data yang terprogram dan mampu menghasilkan informasi baru.

Teknologi AI Tirukan Suara Penyanyi dan Tokoh Terkenal

Nyatanya kreator yang memuat suara menyerupai penyanyi dan tokoh terkenal merupakan warga negara Indonesia. Melalui akun Instagram Pribadinya dan Tiktok @ianyxi. Dialah yang membuat suara Ariana Grande, Jungkook BTS, Jennie Blackpink dan Presiden Jokowi dapat menyanyikan lagu-lagu pop Indonesia. AI yang dibuatnya mampu menghasilkan suara yang benar-benar mirip dan lagu yang diciptakan AI sangat enak untuk didengar. Jika orang awam yang tidak mengetahui, pastilah mereka mengira suara tersebut benar-benar suara asli.

Teknologi suara AI awal mula ketika perangkat lunak AI open source dari Tiongkok yang bernama Diffsvc berhasil membuat reflika suara manusia yang sesungguhnya. Software tersebut berhasil dikembangkan kembali oleh peneliti dari The Chinese University of Hongkong (CUHK) dan suara buatan AI sukses menarik perhatian dunia khususnya di Indonesia.

Baca JugaBatik Tulis Indonesia, Kekayaan Budaya Yang Sangat Berharga

Berbagai cover lagu AI yang dibuat oleh creator Tiktok & IG @ianyxi yaitu Jungkook mampu dengan fasih menyanyikan lagu Janji Setia Tiara Andini, Arina Grande menyanyikan lagu Sial milik Mahalini, Jennie Blackpink menyanyikan lagu komang milik Raim Laode, Presiden Jokowi menyanikan lagu Cupid Fifty Fifty dan masih banyak lagi coveran lagu dari AI yang berseliweran di jejaring media sosial.

Inovasi dari SVC mampu menjadikan hiburan tersendiri bagi para pendengar, mereka dapat berimajinasi seakan-akan suara tersebut benar dinyanyikan oleh sosok aslinya. Kecerdasan buatan ini tidak pernah terbayangkan akan sampai pada tingkat kecanggihan yang sangat canggih, kemampuan AI menirukan suara adalah salah satu kecanggihan yang berguna. Akan tetapi disisi lain kemampuan AI menirukan suara bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan mempu merugikan berbagai pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *