Opini  

Jangan Salah Kepribadian Introvert Juga Bisa Loh Public Speaking

kepribadian introvert juga bisa public speaking

NewsPendidikan – Public speaking adalah kemampuan yang sangat penting dan harus ada dalam diri seseorang, orang yang mampu dalam hal public speaking akan lebih mudah menghadapi pekerjaan dan dunia luar. Lalu apasih sebenarnya arti dari public speaking itu? Pada dasarnya setiap orang yang normal pasti bisa berbicara akan tetapi tidak semua orang mampu berbicara didepan umum untuk menyampaikan suatu informasi ataupun hal-hal tertentu. Inilah yang dinamakan public speaking yaitu kemampuan, keterampilan ataupun tindakan seseorang dalam berbicara untuk menyampaikan sesuatu kepada sekelompok orang banyak.

Kebanyakan dari kita berpikir orang yang ekstrovert akan lebih mudah dalam melakukan public speaking karena orang ekstrovert lebih banyak bersosialisasi dengan orang lain daripada orang introvert. Orang yang introvert biasanya jika ia dalam situasi yang  ramai maka orang yang seperti ini akan bingung, pusing dan juga capek, hal ini terjadi karena ia tidak tahu apa yang harus dilakukannya ketika menghadapi keramaian dan juga merasa takut salah mengucapkan sesuatu ketika dikeramaian. Orang yang introvert kebanyakan mengatakan bahwa menghabiskan waktu sendirian  lebih menarik dan memuaskan atau bisa dikatakan energi orang yang introvert berasal dari dirinya sendiri bukan dari orang lain, berbeda dengan orang ekstrovert

Ternyata ekstrovert ataupun introvert tidak ada hubungannya dalam kemampuan public speaking seseorang karena kemampuan atau keterampilan ini adalah suatu hal yang bisa diasah ataupun dilatih. Orang yang ekstrovert juga belum tentu bisa bicara depan umum dengan lancar jika ia tidak berlatih sebelumnya. Maka dari itu kunci public speaking adalah dengan telus latihan, terus mencoba tantangan dan selalu meningkatkan kepercayaan terhadap diri sendiri.

Orang yang introvert ternyata lebih mempunyai kemampuan dalam berbicara karena pada dasarnya orang yang seperti ini selalu berpikir dahulu sebelum berbicara sehingga apa yang dikatakannya lebih tertata dan rapi ketika berbicara. Orang yang introvert akan lebih mudah melakukan public speaking jika ia terus berlatih dan mencoba tantangan demi tantangan.

Berikut ini beberapa tips public speaking bagi orang introvert:

  1. Buang segala pikiran negatif tentang diri

Orang yang introvert biasanya selalu beranggapan bahwa mereka tidak bisa berbicara dengan orang lain ataupun berbicara depan umum, ketakutan demi ketakutan terus dirasakan ketika hendak memulai bicara baik didepan umum bahkan terkadang dengan teman sendiri orang yang introvert takut untuk berbicara dengan alasan takut salah dalam mengucap sesuatu. Padahal ini semua hanya pikiran buruk orang introvert saja, orang introvert selalu menstimulus dirinya bahwa ia tidak mampu dan juga tidak bisa. Maka dari itu pikiran-pikiran seperti ini harus mulai dibuang jauh-jauh dan cobalah untuk percaya pada diri sendiri, karena pada dasarnya setiap orang mampu dan mempunyai potensi masing-masing.

  1. Persiapkan diri sebelum melakukan sesuatu

Sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah persiapkan segala sesuatunya dengan matang, apalagi ketika ingin berbicara depan umum seperti presentasi, hendaklah cari dan kuasai topik apa yang akan disampaikan. Dalam hal berbicara didepan umum seperti presentasi tidak dianjurkan menghapal materi secara utuh, hendaklah kuasai point-point penting apa saja yang akan disampaikan dan kemana tujuan topik itu dibahas.

  1. Berlatih sebelum berbicara

Sebelum melakukan public speaking hendaklah berlatih berbicara, hal paling ampuh melatih kemampuan public speaking adalah dengan berbicara didepan cermin. seseorang bisa mencoba berbicara dengan diri sendiri didepan cermin guna mengetahui bagaimana cara ia dalam berbicara serta mengetahui artikulasi dan juga intonasinya dalam berbicara.

  1. Ketika berbicara cobalah untuk tidak menatap matanya

Hal ini bisa dilakukan orang introvert jika ketika sedang berbicara didepan umum ia merasa tegang ataupun gerogi, cobalah ketika berbicara untuk tidak menatap mata audiens. Akan tetapi kita bisa menatap dahinya ataupun hidungnya dan intinya tatap yang ada diwajahnya selain dari mata. Dengan begitu pandangan kita tetap tertuju pada audiens tanpa harus kontak langsung dengan mereka melalui mata

Inilah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan public speaking kita loh dan ternyata orang introvert juga bisa mempelajari public speaking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *