Indonesia Kembali Meraih Gelar Negara Paling Dermawan di Dunia

Indonesia Negara Paling Dermawan

NewsPendidikan – Indonesia kembali meraih gelar negara paling dermawan di dunia versi World Giving Index (WGI) 2022 yang di keluarkan badan amal Charities Aid Foundation (CAF). Laporan WGI 2022 CAF di sampaikan pada Jumat (21/10) dengan menobatkan Indonesia sebagai peringkat pertama dengan perolehan skor 68 persen. Walaupun lebih rendah tiga persen di banding skor di tahun sebelumnya.

Dalam laporan WGI pada tahun sebelumnya Indonesia menempati 2 peringkat teratas sebagai negara paling dermawan di dunia dari 3 kategori atau  indikator yang menjadi ketentuan WGI, yaitu menyumbang uang, menyumbang uang kepada orang yang tidak di kenal/asing, dan juga partisipasi dalam kegiatan volunterism atau kegiatan kerelawanan.

Baca Juga: Hari Santri 2022, Yuk Mengenal Tema dan Logonya

Ketua Badan Pelaksana Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC) merasa takjub atas capaian prestasi. Dia juga  berpendapat bahwa ajaran agama dan tradisi lokal yang ada di Indonesia sebagai pedoman ataupun penggerak Indonesia dalam hal menyumbang/berbagi kepada semua orang. “Ini menunjukkan kuatnya tradisi menyumbang kita yang diinspirasi oleh ajaran agama dan tradisi lokal yang sudah dipraktikkan puluhan tahun,” katanya.

Berdasarkan Hasil penelitian CAF menunjukkan bahwa 84 persen Orang Indonesia tercatat menyumbang uang pada tahun 2021. Perolehan ini jauh lebih tinggi dari skor rata-rata global (35%).  Sebanyak 63 % warga Indonesia ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerelawanan. Persentase sebanyak 63 % ini dapat dikatakan tinggi, hampir 3 (tiga) kali lebih besar dari angka rata-rata global (23 %). Sementara itu sebanyak 58 %  warga Indonesia yang turut andil memberikan sumbangan kepada orang asing. Sedikit lebih rendah dari angka rata-rata global (62 %)

 

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *