Opini  

Ibu Hamil Harus Hati-Hati, Ini Bahaya Paparan Asap Rokok!

paparan asap rokok

Penulis: Nur Hasana Ramadhani

PGMI I-0306213222/UINSU

NewsPendidikan-Kesadaran akan bahaya asap rokok pada ibu hamil di indonesia harus perlu ditingkat kan lagi ditengah masyarakat. Pasalnya, asap rokok mengandung zat kimia berbahaya yang dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Paparan asap tembakau dapat terjadi melalui dua cara: SHS atau asap tembakau bekas terjadi ketika seseorang secara tidak sengaja menghirup asap tembakau langsung  dari  perokok di sekitarnya, dan HRT atau Penghirupan Asap Tembakau Bekas adalah menghirup partikel  asap rokok yang  terdapat pada benda-benda di sekitarnya.Dibawah ini bahaya asap rokok yang menggangu kesehatan ibu hamil:

  1. Kelahiran Prematur

Gangguan kesehatan yang pertama yang mengganggu kesehatan bayi salah satu bahaya asap rokok bagi ibu hamil adalah meningkatkan risiko kelahiran prematur. Bayi yang lahir dalam keadaan prematur pun berpotensi mengalami gangguan kesehatan karena perkembangan yang belum sempurna.

  1. Berat Badan Lahir Rendah pada Bayi

Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah kondisi ketika berat badan bayi saat lahir kurang dari 2,5 kg. Normalnya, berat badan bayi ketika lahir berkisar antara 2,5–4 kg. Selain paparan asap rokok selama kehamilan, kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh kelainan genetik atau kurangnya asupan nutrisi. BBLR dapat meningkatkan risiko bayi mengalami gangguan pencernaan, otak, pernapasan, infeksi, hipotermia, dan hipoglikemia (kekurangan gula darah).

  1. Cacat Lahir

Bahaya asap rokok bagi ibu hamil berikutnya adalah meningkatkan risiko bayi mengalami cacat lahir. Ibu hamil yang sering terpapar asap rokok atau memiliki kebiasaan merokok dapat menyebabkan kecacatan janin akibat pertumbuhan dan perkembangannya terganggu. Kecacatan tersebut dapat berupa cacat ringan, seperti bibir sumbing, hingga gangguan yang lebih serius, misalnya masalah pada struktur jantung atau cacat otak dan saraf.

  1. Paru-Paru Melemah

Ibu dengan kebiasaan merokok atau sering terpapar asap rokok selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi memiliki paru-paru lebih lemah dibandingkan bayi yang terbebas dari asap rokok. Apabila paru-paru melemah, risiko penyakit lainnya juga akan meningkat.

Baca Juga: Hindari Stunting Pada Anak Dengan Berikan Gizi Cukup

  1. Solusio Plasenta

Bahaya asap rokok bagi ibu hamil dan janin selanjutnya adalah terjadinya solusio plasenta. Solusio plasenta adalah kondisi ketika plasenta terlepas dari rahim sebelum waktu persalinan. Kondisi ini dapat menyebabkan perdarahan hebat pada ibu, bahkan mengancam nyawa keduanya.

  1. Keguguran

Pengaruh asap rokok bagi ibu hamil rupanya juga dapat meningkatkan risiko keguguran di trimester pertama. Pasalnya, bahan kimia di dalam rokok dapat masuk dan mengalir ke aliran darah ibu hamil dan janin. Hal ini akan mengganggu perkembangan janin, kelainan genetik, cacat, dan bisa berujung pada keguguran.

  1. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)

SIDS adalah kondisi ketika bayi meninggal secara mendadak, misalnya saat sedang tidur, meski sebelumnya tampak sehat.Hal ini terjadi karena bahan kimia dalam asap rokok dapat memengaruhi bayi baru lahir dengan cara mengganggu pernapasannya. Akibatnya, pernapasan bayi menjadi terhambat saat sedang tidur dan menyebabkan kematian.

Setelah kita mengetahui bahaya asap rokok pada ibu hamil hendak nya bagi seorang perokok harus mengerti agar tidak meroko sembarangan karna berbaya bagi ibu hami dan bahkan bahaya bagi kandungan nya juga yang sangat beresiko terhadap kesehatan ibu hamil dan bayi dikandungan nya, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama pada ibu hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *